Sabtu, 08 Juni 2013

inti dari MA AMBU adalah T4.( TENGKAK, TEPAK, TANGKEP DAN TOKOL)

tengkak ambu adalah melangkah kesamping depan. tepat meangkah kesamping luar musuh seperti foto disamping.
tepak adalah melakukan tepisan menggunakn telapak tangan kanan ke arah siku lawan. menepak ini harus cepat dan relaks akan menghasilkan letupan yang keras.
hehehe tanya mas kenapa ke siku mas kok nggak di pergeklangan tangan ?. jawabnya siku yang paling lambat gerakanya dan paling pendek gerakanya. diantara jaringan lengan manusia mulai dari ujung tangan samapi lengan sikulah yang paling pendek jangkaunya dalam suatu proses serangan. dan siku dal;am setiap proses serangan dengan berbagai pola. gerakanya gak jauh jauh dari porosnya tidak sepertio pergelkangan yang mempunya jangkuan luas..
 dan juga ketika ditangkap akan melemahkan lengan kesemuanya.

tangkep adalah mengakap pergel;angan tangan lawan... seperti gambar di samping. kalou hanya ditangkep saja tanpa bantua tepak. lengan lawan bisa ditarik dengan mudah.




nah kalou sendainya di tarik maka kita masih mungikin mengontrol seperti gmbar di samping.











tokol adalah serangan ke arah wajah. bisa berupa cengkolan (sikuan), berupa pukulan genggam seperti jab dan gibeng (back hand). tujuanya adalah untuk membuat lawan berhenti menyerang sementar atau pun selamanya. heheheh damai selalu dari saya.. 

MA AMBU jember. pencak silat tradisional jember.
mas eko rani parsetyo wibowo. jember
call 081336482800.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar